Thursday, October 8, 2009

Tindakanku Sebatasku Memandang Dunia

Bila aku memandang diriku kecil, dunia akan tampak sempit, dan tindakanku pun jadi kerdil.
Namun, bilaku memandang diriku besar, dunia terlihat luas, aku pun melakukan hal-hal penting dan berharga.

Tindakanku adalah cermin bagaimanaku melihat dunia. Sementara dunia ku tak lebih luas dari pikiran ku tentang diri ku sendiri. Itulah mengapa aku diajarkan untuk berprsangka positif pada diri sendiri, agar aku bisa melihat dunia lebih indah, dan bertindak selaras dengan kebaikan-kebaikan yang ada dalam pikiranku. Padahal dunia tak butuh penilaian apa-apa dariku. Ia hanya memantulkan apa yang ingin aku lihat. Ia menggemakan apa yang ingin aku dengar. Bila aku takut menghadapi dunia, sesungguhnya aku takut menghadapi diriku sendiri.

Maka, bukan soal apakah aku berprasangka positif atau negatif terhadap diri sendiri. Melampaui di atas itu, aku seharusnya perlu jujur melihat diri sendiri apa adanya. Dan dunia pun menampakkan realitanya yang selama ini tersembunyi di balik penilaian-penilaianku.

No comments:

Post a Comment

tear of here

Pages